super long weekend

Tuesday, May 3, 2016

Tugu Yogyakarta, Landmark Paling Terkenal di Kota Gudeg

 Yogyakarta - Selain Keraton, Tugu Yogyakarta adalah landmark yang paling terkenal di Kota Gudeg. Monumen ini jadi primadona untuk berfoto-foto ria saat liburan long weekend di Yogyakarta.

Traveler yang liburan long weekend ini ke Yogyakarta jangan sampai lupa berfoto di Tugu Yogyakarta. Belum sah rasanya kalau berkunjung ke Yogya, tanpa mengunjungi dan berfoto narsis di Kawasan Tugu.

Tugu Yogya adalah landmark Kota Yogya yang paling terkenal. Menurut informasi yang dikumpulkan detikTravel, Senin (2/5/2016), tugu ini lokasinya tepat di tengah perempatan Jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan Jendral Soedirman, Jalan AM Sangaji dan Jalan Diponegoro.

Sejarah mencatat, Tugu Yogya dibangun pada sekitar 3 abad lalu setelah Keraton Yogya dibangun. Arti dari tugunya adalah Manunggaling Kawula Gusti, yakni semangat persatuan rakyat dan penguasa untuk melawan penjajahan.

Tugu Yogya punya tinggi 15 meter yang mana lebih pendek dari yang semula setinggi 25 meter. Asal tahu saja, tugu ini pernah hancur kala gempa bumi di dahsyat di tahun 1867. kemudian, direnovasi kembali lagi oleh pemerintah Belanda sekitar 10 tahun setelahnya.

 

Hingga kini, Tugu Yogya dikenal sebagai landmark dari Kota Yogya. Wisatawan, mahasiswa atau pekerja yang tinggal sementara di Yogya, punya tradisi memeluk atau mencium tugunya. Dengan harapan, bisa kembali lagi, ke Yogya.

Sebaiknya, kamu berfoto-foto di sini saat pagi hari atau malam hari. Mungkin sebelum pukul 07.00 WIB, kala belum banyak kendaraan yang lalu-lalang. Kalau malam hari, bisa di atas pukul 21.00 WIB. Silakan berfoto sepuasnya, serta perhatikan juga kendaraan yang melintas. Keselamatan tetaplah nomor satu.

Traveler juga bisa menikmati Tugu Yogyakarta dari sudut berbeda, kunjungi saja situs Ekspedisi Langit Nusantara. Ekspedisi ini akan mengajak Anda melihat cantiknya Indonesia dari ketinggian dengan drone.

Drone Elang Barat akan berkeliling DI Yogyakarta pada hari ini, Senin (2/5/2016), termasuk di atas Tugu Yogyakarta. Traveler bisa melihatnya melalui layanan streaming atau rekaman di sini. Ayo ikuti Ekspedisi Langit Nusantara dan jadilah saksi keindahan Bumi Indonesia!

 

No comments:

Post a Comment

Kabar Populer

 
Copyright © 2016. Media Informasi.
Design by Herdiansyah Hamzah. & Distributed by Free Blogger Templates
Creative Commons License