Bisnis Terselubung Like, Share dan Aminkan !!!

Wednesday, May 18, 2016


Dibalik ajakan like, share dan memberi komentar amin atau angka pada sebuah status Facebook ternyata ada bisnis terselubung dibaliknya.
***
“Ketik 3 dan saksikan apa yang terjadi !!! Anda tak akan percaya yang anda lihat”
Begitu isi sebuah status yang dilengkapi dengan foto-foto yang terkesan misterius. Ribuan orang mengetik angka “3” tapi sampai kapanpun tak akan ada perubahan di layar dinding facebook anda. Ini adalah salah satu jenis tipuan yang paling bikin saya sebel di facebook, anehnya karena banyak teman saya yang mengetik angka 3, status tersebut muncul berkali-kali. Saya harus sedikit berusaha untuk menjaga agar status ini tidak muncul lagi, misalnya dengan membloknya, tapi lebih sering saya biarkan. Jadi apa sebenarnya dibalik ini? Ada bisnis menggiurkan dibaliknya. Ribuan orang mengetik “3” bisa diganti dengan polling produk atau capres atau bupati, kades dan sebagainya. Contohnya, setelah ribuan orang mengetik angka “3”, maka status atau account ini bisa dijual kepada peserta pilkada nomor urut 3. Atau diganti polling sebuah produk, misalnya bandingkan yang memilih nomor 3 dan nomor 1 lainnya, siapa yang lebih banyak?.

Motif lain yang sering bikin kesel adalah sebuah status yang bisa berisi nasehat atau bisa bisa berisi motivasi, atau bahkan berisi gambar mayat-mayat disebar. Dengan sedikit trigger, kita “terpaksa” harus mengaminkan atau melike dengan kata-kata provolatif dia akan bilang “kalau anda benar-benar beriman, like, sebar dan aminkan”. Wow, siapa yang mau disebut tidak beriman. Ini semacam pressure bagi facebookers yang tidak jauh beda dengan pressure rekan-rekan sewaktu remaja ketika kita berpikir berbeda akan langsung di cap “tidak kompak”. Padahal seharusnya kita bisa lebih kritis dengan status seperti ini. Macam-macam memang status yang seperti ini. Mario Tebu setiap nyetatus biasanya meminta untuk di like, diaminkan atau di share.
Ada juga orang-orang yang menjual kebencian di ranah internet. Page seperti Jonru salah satu contohnya. Dia membuat status yang memancing orang untuk berkomentar dan menshare statusnya. Isinya komentarnya lebih banyak yang menistakan Presiden. Apa yang didapat Jonru dari banyak Like status dan Pagenya. Rank-nya bisa naik, popularitas Jonru bisa naik, dan dengan serta merta dia bisa menjual sprei, tes stifin, dan pelatihan menulis (meskipun yang ini kurang penggemarnya).
Di pihak lain, banyak status dari tokoh-tokoh agama baik asli maupun yang palsu juga berseliweran di dinding facebook kita. Beberapa diantaranya adalah copy paste dari status orang lain, tapi intinya pada akhirnya adalah sama, LIKE, SHARE dan AMINKAN. Semakain banyak yang like, share atau menulis di komentar, maka nilai page akan semakin tinggi. Kalau sudah begitu tinggal ganti page, sudah bisa buat jualan.

Dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment

Kabar Populer

 
Copyright © 2016. Media Informasi.
Design by Herdiansyah Hamzah. & Distributed by Free Blogger Templates
Creative Commons License