MAKANAN SEHAT UNTUK IBU HAMIL

Wednesday, May 11, 2016

MAKANAN SEHAT UNTUK IBU HAMIL
1. Makanan sehat untuk ibu hamil harus mengandung DHA

Asam dokosaheksaenoat (juga sering dikenal sebagai DHA) merupakan asam lemak tak jenuh rantai panjang golongan omega-3, yang banyak dijumpai di otak dan retina mata, sehingga sangat penting untuk fungsi penglihatan. DHA dibuat dari senyawa induknya yaitu asam linolenat atau ada yang menyebutnya sebagai ALA (alpha linolenic acid). Sebelum menjadi DHA, ALA akan diubah dulu menjadi eicosapentaenoic acid (EPA).

Manfaat DHA antara lain membantu pertumbuhan otak dan serabut saraf serta fungsi penglihatan pada 6 bulan pertama kelahiran. Pada orang dewasa, DHA juga membantu kerja otak dan kemampuan belajar. Selain itu, DHA bermanfaat dalam menurunkan risiko penyakit jantung. Bagi ibu hamil DHA dapat menurunkan resiko kelahiran prematur, meningkatkan berat badan bayi saat lahir, mencegah preeklampsia, depresi pasca persalinan, dan menurunkan resiko kanker payudara.

Manfaat DHA yang lain adalah mencegah penimbunan plak pada dinding pembuluh darah oleh lemak jahat (LDL), sehingga menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Selain itu, DHA juga membantu mencegah munculnya penyakit kanker dan memperlambat proses penuaan.

Asupan DHA yang disarankan bagi ibu hamil adalah sekitar 200 mg per hari. DHA dapat diperoleh dari makanan laut seperti ikan salmon, tuna, telur, keju, susu, ASI, rumput laut, tahu, ikan sarden, bayam, brokoli, minyak ikan, kedelai, kenari dll.


 2. Makanan sehat untuk ibu hamil harus mengandung Kalsium

Kalsium berperan dalam pembentukan tulang dan gigi pada janin. Berfungsi dalam pertumbuhan dan pembentukan gigi dan tulang janin serta mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis) pada ibu hamil. Kekurangan kalsium pada ibu hamil dapat menyebabkan osteoporosis karena kebutuhan kalsium oleh janin akan diambil dari tulang ibunya. Kebutuhan kalsium bagi ibu hamil adalah sekitar 1000 mg per hari. Sementara untuk ibu hamil yang berusia muda (hamil di usia kurang dari 18 tahun) maka kebutuhan kalsium selama kehamilan lebih tinggi lagi, yaitu 1300 mg per hari. Kalsium dapat diperoleh dari susu, keju, Jeruk, Pisang, ikan salmon, sarden, kacang-kacangan dan sayuran hijau seperti brokoli, bayam, dan lain-lain.




 3. Makanan sehat untuk ibu hamil harus mengandung Protein

Protein berfungsi sebagai sumber kalori, menghasilkan sel darah merah, membentuk sistem kekebalan tubuh (antibodi), membentuk sel janin serta cairan ketuban dan menjaga kesehatan tulang ibu hamil. Protein dibutuhkan oleh ibu hamil dengan jumlah sekitar 60 gram setiap harinya atau 10 gram lebih banyak dari biasanya. Protein bisa didapatkan dari susu beserta produk turunannya, brokoli, ikan, ayam, ikan teri, kacang-kacangan, tempe, putih telur, daging dan tahu.


 4. Makanan sehat untuk ibu hamil harus mengandung Seng (Zinc)

Seng (Zinc) berfugsi sebagai bahan utama pembetuk sel tubuh serta sintesa DNA. Selain itu Seng berfungsi meningkatkan sistem imun tubuh, meningkatkan perkembangan otak dan tulang serta mempercepat penyembuhan luka. Kekurangan seng selama hamil dapat menyebabkan terjadinya keguguran, berat badan bayi lahir rendah, dan komplikasi lainnya selama kehamilan dan persalinan.

Kebutuhan seng selama kehamilan sekitar 25 gr dalam sehari. Seng dapat diperloleh dari makanan seperti daging merah, kacang-kacangan, gandum, hati, telur, ayam, seafood, tiram, wijen, jamur, bawang putih dan susu.


 5. Makanan sehat untuk ibu hamil harus mengandung Vitamin A

Vitamin A berkaitan dengan fungsi mata, pertumbuhan tulang dan kulit serta membentuk sistem imunitas janin. Konsumsi vitamin A pada ibu hamil tidak boleh berlebihan karena dapat membuat pertumbuhan janin terganggu. Sumber vitamin A didapatkan dari wortel, minyak ikan, susu, keju, hati, cabe merah, bayam, tomat, pepaya, apel, pisang, mangga dll.




 6. Makanan sehat untuk ibu hamil harus mengandung Vitamin C

Vitamin C mengandung antioksidan yang berfungsi untuk menangkal penyakit. Selain itu vitamin C berfungsi untuk meningkatkan fungsi paru-paru pada janin, membantu penyerapan zat besi dan sumber nutrisi bagi janin dan ibu hamil. Namun demikian vitamin C yang dikonsumsi oleh ibu hamil haruslah tepat, karena kelebihan vitamin C dapat berakibat buruk bagi janin hingga menyebabkan keguguran. Dalam sehari porsi yang tepat untuk mengkonsumsi vitamin C yaitu sekitar 75 mg. Dari 75 mg tersebut tidak semuanya dapat diserap oleh tubuh. Vitamin C banyak terkandung dalam buah-buahan misalnya jambu biji (kandungan terbesar vitamin C dibanding buah lainnya), jeruk, pepaya, stroberi, kiwi, paprika kuning, brokoli, tomat, mangga dll.


 7. Makanan sehat untuk ibu hamil harus mengandung Vitamin D

Vitamin D berfungsi untuk menyerap kalsium sehingga sangat bermanfaat dalam pembentukan dan pertumbuhan tulang bayi. Kebutuhan Vitamin D harian adalah 400 IU. Vitamin D dapat diperoleh dari sinar matahari dan makanan. Makanan yang mengandung vitamin D adalah susu, kuning telur, daging, minyak ikan, lemak ikan seperti salmon, makarel, tuna, sarden, sereal, udang, jamur dll.




 8. Makanan sehat untuk ibu hamil harus mengandung Yodium

Pada saat kehamilan, Yodium berfungsi dalam perkembangan sistem saraf dan otak bayi. Kekurangan yodium selama hamil dapat menyebabkan keguguran, terganggunya pertumbuhan fisik dan mental bayi, penurunan fungsi otak bayi dan bayi nantinya tidak memiliki tinggi maksimal (cebol).

Wanita hamil disarankan mengasup yodium sebesar 220 mikrogram per hari. Sementara, asupan yodium untuk wanita menyusui adalah sekitar 290 mikrogram per hari. Sumber yodium dapat berasal dari garam beryodium, produk susu, telur, sayur-sayuran, dan makanan laut.

 9. Makanan sehat untuk ibu hamil harus mengandung zat besi.

Zat Besi berguna untuk membentuk sel darah merah dan mengurangi resiko terkena anemia pada ibu hamil. Zat besi akan diperlukan saat kehamilan memasuki usia 20 minggu. Kebutuhan akan zat besi sebanyak 30 mg per harinya. Zat besi dapat diperoleh pada hati, daging, ikan, sayuran hijau misal bayam, kacang-kacangan misal kacang merah, tiram, nasi putih, tomat dan kentang.


Dari berbagai sumber











5 comments:

  1. I think your blog is very nice and if you want a nicer I recommend to always update your blog
    domino qiu qiu

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya jual obat aborsi aman manjur

      paket untuk 1 sd 6 750rb blm termasuk ongkir
      (garansi 1x lagi jika gagal)

      kenapa saya hanya jual 1 paket saja karena sudah terbukti sesuai resep gan sist

      pemesanan hub
      ferdy
      wa : 081216857519
      pin bb : DDD86507
      BAGI KORBAN PERKOSAAN ATAU DI TINGGAL COWOKNYA
      AKU BANTU GRATIS ASAL DATANG SENDIRI
      saya murni bisnis kalo stok ready ya ready kalo stok kosong ya bilang kosong tanyakan dulu ya gan sist

      http://www.remajanakal.com

      Delete
    2. Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil - Media Informasi >>>>> Download Now

      >>>>> Download Full

      Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil - Media Informasi >>>>> Download LINK

      >>>>> Download Now

      Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil - Media Informasi >>>>> Download Full

      >>>>> Download LINK pR

      Delete
  2. saya jual obat aborsi aman manjur

    paket untuk 1 sd 6 750rb blm termasuk ongkir
    (garansi 1x lagi jika gagal)

    kenapa saya hanya jual 1 paket saja karena sudah terbukti sesuai resep gan sist

    pemesanan hub
    ferdy
    wa : 081216857519
    pin bb : DDD86507
    BAGI KORBAN PERKOSAAN ATAU DI TINGGAL COWOKNYA
    AKU BANTU GRATIS ASAL DATANG SENDIRI
    saya murni bisnis kalo stok ready ya ready kalo stok kosong ya bilang kosong tanyakan dulu ya gan sist

    http://www.remajanakal.com

    ReplyDelete

Kabar Populer

 
Copyright © 2016. Media Informasi.
Design by Herdiansyah Hamzah. & Distributed by Free Blogger Templates
Creative Commons License